Gadai Emas

Kini Siapapun Bisa Punya Tabungan Emas!

Tidak perlu kaya untuk mempunyai emas. Kini, siapapun bisa punya tabungan Emas"
Itulah kira-kira kalimat singkat yang bisa mendeskripsikan salah satu produk terbaru dari PT Pegadaian (Persero) yang bernama Pegadaian Tabungan Emas. Sesuai namanya, Pegadaian Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. 

Saya mengenal produk ini bermula dari postingan teman di sosial media sekitar trimester akhir tahun 2015. Ia memposting photo buku tabungan emas. Dan saat saya menanyakan "itu produk tabungan dari bank apa?", ia bilang kalau itu adalah tabungan emas dari Pegadaian. Karena penasaran, saya langsung browsing. Semakin dipelajari, membuat saya semakin tertarik untuk segera membuka tabungan emas.

Namun sayang sekali, informasi saat itu yang ada di website pegadaian.co.idtertulis jika tabungan emas sementara waktu hanya ada di beberapa kota besar saja. Belum puas, saya pastikan juga informasi itu ke teman saya yang bekerja di Pegadaian. Jawabannya sama, Tabungan Emas untuk saat itu sementara hanya ada di kota-kota besar saja. 

Sampai akhirnya sekitar bulan Maret, saya dihubungi kembali oleh teman saya bahwa Pegadaian Tabungan Emas sudah bisa dibuka di kantor cabang Pegadaian yang ada di kecamatan-kecamatan. Tanpa berpikir panjang lagi, saya langsung ke Pegadaian untuk membuka Tabungan Emas. 

Mengapa Saya Tertarik Menabung Emas?

Mungkin yang perlu kita pahami bersama dari awal adalah  investasi emas tidak pernah akan membuat orang menjadi kaya apalagi makin kaya. Tetapi, emas bisa membuat kita tetap kaya. Tahukah kalian alasannya? Saya memperoleh informasi ini saat dulu membaca beberapa refrensi tentang investasi emas.

Salah satu alasannya adalah karena nilai emas tidak sama dengan nilai tukar uang. Setiap tahun, nilai tukar uang mengalami inflasi. Sedangkan emas tidak akan terpengaruh. Nilainya akan tetap sama. Nilai emas jika ditakar dengan nilai mata uang, rata-rata per tahunnya nilai emas naik 10%-20%.

Ilustrasi singkatnya, jika pada tahun 2005 harga seekor kambing dengan kualitas yang cukup baik harganya setara dengan 5 gram emas. Pada tahun 2016 atau 20 tahun lagi, dengan 5 gram emas, kita tetap bisa membeli harga seekor kambing dengan kualitas yang sama. Berbeda seandainya kita menabung dalam bentuk mata uang tertentu, nilai tukar atau daya beli tahun ini akan berbeda dengan 20 tahun lagi.

Ilustrasi ini juga bisa kita ilustrasikan untuk harga rumah, ongkos naik haji, dana pendidikan dll. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti letak lokasi, bahan bangunan, fasilitas, kualitas pelayanan dsb. Sehingga menabung emas idealnya memang untuk investasi jangka panjang--instrumen investasi untuk mengamankan uang (pasif) pemiliknya.


Sumber Gambar: www.pegadaian.co.id

Keunggulan Pegadaian Tabungan Emas 

Seperti yang saya tulis di awal tulisan tadi,  "Tidak perlu kaya untuk mempunyai emas. Kini, siapapun bisa punya tabungan emas". Ya, pembelian emas (menabung) mulai dari berat 0,01 gram dan kelipatannya dengan harga terjangkau.

Sebagai contoh untuk tanggal 29 November 2016, harga untuk 0,01 gram emas sebesar Rp. 5.460,-. Jadi dengan uang Rp. 5.000 an, kita sudah bisa memiliki emas. Sangat terjangkau bukan? daripada ditabung di celengan mending disimpan dalam bentuk emas saja bukan?. Atau jika kita punya uang berlebih dan ingin membeli (menabung) emas 1 gram sekaligus, maka harga emas atau uang yang harus kita setor adalah Rp. 5.460,- x 100 = Rp. 546.000,-.

Kabar baiknya, Pegadaian Tabungan Emas saat ini sudah tersedia hampir di semua kantor cabang Pegadaian di seluruh Indonesia. Kita juga akan dilayani oleh petugas yang profesional. Dan seandainya kita membutuhkan uang di saat kondisi darurat, tabungan emas milik kita mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana konsumen. Ya, saldo titipan emas kita dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram.

Eitss tapi perlu diingat kembali tujuan kita menabung emas adalah untuk investasi untuk jangka panjang. Jadi sebisa mungkin, jika tidak dalam keadaan benar-benar sangat terpaksa, alangkah bijaknya kita tidak mengotak-atik tabungan emas kita.

Selain itu jika saldo emas kita sudah melebihi 5gr dan kita menginginkan dalam bentuk fisik emas batangan, kita dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.


Cara Membuka Rekening Tabungan Emas

Bagaimana apakah sudah tertarik untuk ikutan membuka rekening Pegadaian Tabungan Emas? Segera datangi kantor cabang Pegadaian terdekat. Untuk persyaratannya sudah saya sajikan dalam grafis dibawah ini: 


Klik gambar untuk resolusi lebih jelas ya 
Oh iya hampir lupa nih. Pegadaian juga punya aplikasi Sahabat Pegadaian. Aplikasi ini sangat dianjurkan untuk kita download. Kita bisa mendownload dan menginstalnya melalui Google Play store. Salah satu fitur yang paling berguna bagi kita adalah informasi harga emas yang up to date. Saat harga emas turun, adalah waktu yang tepat bagi kita untuk segera berlari menuju kantor Pegadaian untuk membeli/menabung emas semaksimal yang kita mampu hehe... 



Selain itu aplikasi Sahabat Pegadaian ini mempunyai program promosi customer get customer bagi nasabah yang berhasil mengajak sahabat, keluarga, teman untuk menjadi nasabah baru di Pegadaian. Melalui program ini, nasabah yang berhasil mengajak akan mendapatkan poin untuk dapat ditukarkan dengan banyak hadiah. Ada juga fitur simulasi produk, informasi berbagai macam produk pegadaian, berita seputar pegadaian dan informasi kantor cabang pegadaian terdekat.

At least, ayo buruan datangi kantor cabang Pegadaian terdekat dan segera buka tabungan emasnya. Ingat kata-kata bijak waktu kita kecil dulu: menabunglah sedikit demi sedikit,  biar lama-lama jadi bukit. Selamat menabung emas!!. (*)



About MEDIAPLUS

4 komentar:

  1. Baru tau nih bisa nabung emas.. malah aman sepertinya.. cocok buat persiapan nikah. ecieee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip. Klo mba Mira baru tau dan tertarik, berarti tulisan ini memiliki nilai manfaat :D #kepuasanSangPenulis

      Delete
  2. Informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih banyak mas roni :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.